Design jaringan Ethernet secara hirarki

Pada saat membuat desain jaringan, kita harus merencanakan nya sedemikian mungkin sesuai dengan kebutuhan sehingga ke depan nya jaringan yang kita buat dapat diolah dan di kembangkan dengan mudah. Desain jaringan yang berlapis mampu meningkatkan effisiensi, optimasi fungsi, dan meningkatkan kecepatan komunikasi pada jaringan komputer.
pada dasar nya jaringan dapat dibangun sesuai dengan kebutuhan karena penambahan LAN dimungkinkan tanpa mempengaruhi performansi jaringan yang telah ada.

Lihat juga: Info Terbaru Bitcoin di Digital currency exchange listing 


Desain jaringan secara hirarki dibagi menjadi 3 lapis,
yaitu:

  1.  Access Layer
  2. Distribution Layer
  3. Core Layer

--> Access Layer
menyediakan aksess jaringan untuk user maupun workgroup dan mengontrol akses dan end user local ke jaringan dan mengkoneksi antar host melalui peralatan jaringan, biasanya peralatan access layer adalah hub atau switch. Pada umumnya, semua peralatan pada satu Access Layer akan memiliki kesamaan di bagian network pada IP addressnya.
Jika ada sebuah pesan yang dikirim ditujukan untuk host di satu lokal jaringan, berdasarkan network portion dari IP addressnya maka pesan tersebut adalah pesan lokal. Jika ada sebuah pesan ditujukan ke jaringan yang berbeda, maka pesan akan diteruskan ke Distribution Layer.
Pada access layer (Hub dan switch) menyediakan koneksi dengan peralatan pada Distribution Layer yang biasanya berupa router.

--> Distribution Layer
menyediakan connection point antar jaringan dan mengatur aliran informasi antar jaringan. Layer ini merupakan titik komunikasi antara access layer dan core layer.Peralatan pada Distribution Layer mengatur jenis dan lalu lintas data dari Access Layer ke Core Layer.

Peralatan pada Distribution Layer biasanya router, yang digunakan untuk proses routing antar jaringan, filtering, akses WAN, dan menentukan akses core layer jika diperlukan.

--> Core Layer
adalah high-speed backbone layer dengan koneksi yang redundant (backup). Peralatan Core Layer biasanya very powerful, berupa high-speed switch dan router.
Tujuannya adalah memindahkan data secepat mungkin.

cukup dulu sampai disini,..hhuuufft, uda cape, hehe :)
Terima Kasih atas kunjungan Anda.
Semoga bermanfaat ,Amin
Load disqus comments

2 komentar





bitter.io - Free bitcoin, bitcoin advertising, ptc